Budget Traveler


8 Komentar

Photowalk di Burangrang

Burangrang

Tanggal 2 Maret lalu bdgflckr dan beberapa teman dari teman melakukan pendakian ringan ke Gunung Burangrang, saya sebut ringan karena bisa ditempuh dalam waktu seharian. Agak riskan juga sebenarnya, mengingat minggu-minggu ini Bandung masih sering diguyur hujan, tapi Alhamdulillah hari itu langit cerah ceria.

Terbagi dari beberapa orang yang belum saling kenal kami putuskan untuk berangkat bersama menggunakan angkot, meeting point di Taman Ganesha, samping masjid Salman ITB pukul 6 pagi. Dari sana kami menuju komando, Komando merupakan lokasi latihan militer di wilayah Lembang dan pos perizinan melakukan pendakian atau apapun yang melalui lokasi tersebut, sebenarnya hari itu kami tidak diberikan izin untuk mendaki teruama melalui jalur utama pendakian, karena sedang ada latihan rutin, tapiiii karena sudah sampai sana dan sayang jika balik lagi, kami pun melakukan pendakian melalui jalur samping. hihihi.. *bandel 😀

Karena yang menginisiasi acara ini merupakan komunitas pecinta foto maka sebagian dari kami memang berniat memotret sambil hiking, jadi lebih banyak berhenti untuk mengambil gambar dari pada berjalan, nah karena itu juga kelompok ini tertinggal trus nyasar sodara-sodara..heuheuheu *salah fokus sih :p

Dalam kelompok hanya beberapa orang saja yang pernah dan masih ingat jalur pendakian ke puncak Burangrang, saya sendiri belum pernah dan tidak berusaha mencari tahu seperti apa medan disana, dan ternyataaaa cadaaaas sodara-sodara. Rute pendakian didominasi oleh tanjakan yang cukup tinggi, berbatu dan licin. Beberapa teman sempat hampir terpeleset, saya sendiri terpeleset saat turun. 😀 Ternyata lagi Burangrang memiliki 3 puncak, dan seperti kebanyakan gunung di Jawa Barat. wilayahnya agak basah dan lembab, apalagi kemarin sore Bandung diguyur hujan lebat. Sepanjang perjalanan kami juga menemukan beberapa pohon tumbang, baik yang sudah lama maupun yang baru saja tumbang, karena angin waktu itu sangat kencang.

Saat hampir sampai di puncak ke tiga, kami harus melalui tanjakan atau lebih mirip dibilang tebing, seperti bebatuan besar yang ditumpuk sedemikian rupa, teman ku bilang “foto di sini bagus untuk cover album”..hahaha..selain itu kami juga melewati pinggiran tabing yang salah satu pinggirannya adalah jurang dan hanya diberi pembatas dari tali rafia seadanya, yaa walau agak seram pemandangan dari sana cukup keren lah. 😀

Sampai di puncak istirahat sejenak dan makan bekal yang kami bawa, lalu turun kembali, mengingat cuaca yang tiba-tiba berubah dan kami khawatir terjebak hujan diperjalanan. Nah ini lah masa-masa sulit bagi saya setiap kali naik gunung, jika naik saya masih bisa menahan badan dengan tangan, beda dengan turun semua tertumpu di kaki, tambah lagi jalannya agak licin, ini lah yang membuat saya harus sedikit perosotan di salah satu tanjakan. 😀

Alhamdulillah ke khawatiran kehujanan di jalan tidak terjadi, dan menurut saya hal ini harus sangat di syukuri, hujan turun ketika kami sampai di masjid Al Karim (Aa Gym) Parongpong, dan berhenti setelah kami selesai shalat.

That’s it “Photowalk di Burangrang”
Next Manglayang (InsyaAllah)

Puncak Burangrang

Foto bersama dari Mas Husain
Foto lainnya ada di sini

Iklan


11 Komentar

Photowalk with Mafioso and Friends

Tahun 2010 akhir, waktu aku lagi giat-giatnya belajar dan cari teman fotografer, bertemulah dengan beberapa orang yang aktif di Fotografer.Net atau biasa disingkat FN. Awalnya komen-komen aja di foto masing-masing, trus ada yang berinisiatif untuk membuat komunitas, terutama yang domisilinya di Bandung. Diundanglah aku lewat inbox untuk *istilah mereka* hunting foto bareng.

Hunting foto atau aku lebih suka menyebutnya photowalk, pertama kami di CFD. Waktu itu hanya beberapa orang saja yang hadir, berbeda dengan bdgflckr, mereka memang lebih “serius”. 😀

Gambar*dokumentasi Salman, ke tiga dari kanan.

Seiring berjalannya waktu, semakin exis komunitas ini semakin banyak juga anggotanya, dan bukan hanya fotografer, tapi juga model. Beberapa kali aku ikut pertemuan, tapi karena bentrok dengan kegiatan lain, jadi banyaknya tidak ikut. Setelah lama tidak bertemu dan juga tidak bertegur sapa di FB, hari Minggu lalu aku bertemu dengan mereka, para mafioso (sebutan untuk anggota komunitas), tapi yang dikenal hanya beberapa.

Minggu lalu ada acara motret bareng komunitas fotografi di Bandung dan sekitarnya, salah satunya MAFIA. Nama kegiatannya BBM Street 2, Barudak Bandung Motret Street 2, ya semacam photowalk yang biasa dilakukan bdgflckr, bedanya ini lebih banyak dan “serius”. Aku pertama kali tahu acara ini dari salah satu anggota bdgflckr yang aktif di FN juga, awalnya masih mikir-mikir karena biasanya suka pada bawa model. Beberapa hari kemudian ada undangan lengkap dari mafioso, dan di sana tidak ada tulisan model, selamaat. 😀

Hari Minggu itu auranya bener-bener beda, aura serius..hahah..dateng-dateng pada keluarin senjata, dan lensa paralon tentunya. pemandangan yang belum aku liat kecuali satu kali di KMB. 😀

Satu, dua, tiga..byaaar lebih dari 100 orang dateng di sana, jalan dari Gedung POS Indonesia, Asia Afrika, muter ke Pasar Baru, Banceuy,  terakhir kumpul di PLN. Bertemu beberapa mafioso yang dikenal dan belum aku kenal, hanya tahu dari kaos yang mereka pakai, aku sendiri tidak mengenakan kaos itu, aku malah pakai kaos bdgflckr (dasar)..hahaha..

Aku janjian bareng Liony, teman yang baru gabung dengan bdgflckr dan kami baru bertemu hari itu, lalu di sana berkenalan dengan Billan, siswa SMP Pasundan 1. Hanya mereka saja teman ngobrol sepanjang jalan. Selebihnya hanya sapaan sambil lalu saja.

Gambar*dokumentasi Taryadi (Mafioso), aku dan Liony

Singkat cerita kami muter-muter, motret-motret, aku dan Liony menyasarkan diri ke Stasiun dan Braga, Billan ntah kemana..xixixi..Akhir kegiatan kami berkumpul di samping gedung PLN dan memotret pertunjukan pantomim.

Dari kegiatan setengah hari itu, banyak hal yang aku pelajari dari orang-orang yang aku temui ini, walaupun secara tidak langsung, dari mulai sikap kebersamaannya, attitude, bahasa, gaya motret, sampai tatapan mata mereka yang seperti lensa kamera..aiih lebay..hahaha..Selain jalan-jalan juga ada penjelasan tentang street photography, lensa, angel, dan lain-lain, yang jadi materi di akhir acara..*tapi kenapa ya, kok sampai sekarang aku gak ingat apa aja yang diomongin bapak-bapak itu :)) #tidak konsentrasi

Cukup menyenangkan bisa berada di antara orang-orang yang sehobi dan baru ketemu. Tapi satu hal yang dari dulu bikin males gabung dengan acara semacam ini, selain “hunting model”nya, asap rokok sangat-sangat menggangu. Dari pagi sebelum pergi, di jalan sambil motret, dan mendenarkan materi di akhir, ngepul gak berhenti-berhenti. Untunglah ada Liony, yang sama-sama tidak suka asap rokok, jadi ada teman menyingkir dari gerombolan dan melarikan diri dari kepulan racun. Gak apa-apa deh gak dapet hadiah doorprice dan foto bareng di akhir juga, yang penting paru-paru terselamatkan. 😀

Setelah foto-foto, bubar jalaaaan deeh…

Gambar*dokumentasi Billan foto bersama sebelum photowalk

.:. Hasil jepretanku ada di sini


10 Komentar

Milad ke 2 bdgflckr

Tepatnya tanggal berapa bdgflckr milad kami semua gak ada yang hapal, tapi disepakati tanggal gak penting, yang jelas bulan Oktober, jadi perayaannya boleh tanggal berapa aja. Nah Sabtu kemarin kebetulan pada bisa dateng (gak semua sih, tapi banyak :D) kami merayakan milad ke 2 bdgflck..huhuhu..kami masih balita dan unyu :))

Di komunitas ini aku mendapatkan banyak pengalaman tentang memotret dan juga kehidupan *lebay..Soalnya obrolan kami tidak melulu tentang foto, lensa, atau kamera, di sini kami juga berbicara tentang filosofi, petuah, dan hal-hal geje lainnya..hahah..

Aaah..aku suka komunitas ini, walaupun sekarang dah mulai pada sibuk dan sok tenar..wkwkwk..

anyway..Selamat Milad ke 2 bdgflckr ^_____^

photo by :Ikhlasul Amal

Gambar

 

 

 

 

 


1 Komentar

bdgflckr..^^

Sudah sangat lama rasanya gak kumpul-kumpul bareng ma bdgflckr..

Alhamdulillah hari ini ada waktu untuk kumpul dan berbincang, yang ikut juga cukup banyak..

Salah satu hal yang menyenangkan buatku adalah berkumpul dan makan-makan bareng bdgflckr..^^