Budget Traveler

Berenang bersama Ubur ubur hingga Manta di Kepulauan Derawan

Tinggalkan komentar

Melihat keindahan bawah laut secara langsung sudah menjadi keinginan saya sejak lama. Dan Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur menjadi pilihan untuk mewujudkannya. Ada beberapa alternatif menuju ke sana, bisa melalui Tarakan atau Berau. Saat itu kami memutuskan untuk berangkat dari Jakarta menuju Tarakan yang membutuhkan waktu 2 jam 50 menit perjalanan udara kemudian dilanjut dengan perjalanan darat dan laut selama kurang lebih tiga jam. Meski cukup lama tapi tidak terasa melelahkan terutama saat mendapati bahwa sunset di Derawan sangatlah cantik.

DSCN0149_2

Beruntung saat kami ke sana cuaca sedang bagus, langit cerah, dan kondisi lautpun tidak terlalu berarus. Waktu yang sangat tepat untuk diving, freedive, atau snorkeling di sini memang antara April, Mei dan Juni, lalu September sampai Desember. Oh ya Kepulauan Derawan ini terdiri dari beberapa pulau kecil, yang paling terkenal diantaranya Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban.

Pulau yang pertama kami kunjungi saat itu adalah Kakaban. Sekitar 30 menit perjalanan dari Pualu Derawan. Di Pulau Kakaban terdapat danau air tawar. Sejarahnya danau ini terbentuk karena air laut yang terjebak di tengah pulau selama 2 juta tahun hingga menjadi danau air tawar. Karena berevolusi cukup lama oleh air hujan dan air tanah maka bukan hanya airnya yang berubah, faunanya pun ikut berubah.

Di Danau Kakaban ini kita bisa berenang-renang dengan ubur ubur. Tenang saja ubur ubur di sini tidak menyengat karena sudah berevolusi tadi. Untuk berenang di sini disarankan tidak menggunakan fin atau kaki katak karena dapat melukai ubur ubur yang ada di dalamnya.

DSCN0145

Setelah puas berenang di Danau Kakaban, kami melanjutkan snorkeling di kawasan sekitar pulau. Ada palung yang cukup dalam di sana yang dihiasai beberapa terumbu karang yang masih sangat indah. Tapi juga ada perasaan ngeri sekaligus takjub saat melihat ke dalamnya. Terlebih ini pertama kali saya berenang-renang di laut.

DSCN0223

Dari Pulau Kakaban kami lanjutkan perjalanan menuju pulau cantik lainnya. Maratua dan Sangalaki, ini adalah salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Indonesia. Pulau Maratua merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia. Maratua sendiri bagaisurga bagi para penyelam yang mengagumi dunia lain di bawah laut.

Selain terumbu karang warna warni yang ditinggali banyak ikan cantik,pulau ini juga biasa disebut sebagai Maldivesnya Indonesia. Pemandangan permukaan lautnya juga cantik karenanya Pulau Maratua bisa dijadikan tempat untuk menginap, dijamin pasti betah. Untuk menuju ke sini kita bisa langsung menggunakan speedboat atau pesawat kecil.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Setelah puas bermain di Pulau Maratua kami beranjak ke Pulau Sangalaki. Di Pulau Sangalaki kita bisa menjumpai penyu yang beragam jenisnya, diantaranya adalah penyu sisik dan penyu hijau yang biasa hidup dan bertelur di Pulau Sangalaki. Saking banyaknya di pulau tak berpenduduk ini kemudian dibuat tempat konservasi penyu untuk melindungi populasi penyu dari perburuan manusia yang tidak bertanggung jawab.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di Pulau Sangalaki juga kita bisa menikmati indahnya panorama bawah laut ditemani ikan pari manta yang mengagungkan. Rasanya senang tapi juga degdegan ketika kami berenang dekat dengan pari manta jadi tetap harus jaga jarak aman. Di sini ikan pari manta biasanya hidup berkelompok jadi sangat mudah menjumpai mereka.

Sebenarnya indahnya Kepulauan Derawan tidak cukup hanya dilukiskan dalam kata-kata. Harus kita coba jelajahi dan juga jaga. Kalau kesana jangan tergoda untuk membuang sampah semabarangan ya terutama plastik, jangan juga iseng ingin menu makan dari bahan telur penyu. Please kalau bukan kita siapa lagi yang akan jaga indahnya Indonesia.

DSCN0276

 

Foto: dok. perjalanan dari guide dan pribadi pakai kamera underwater pinjaman πŸ˜€

Penulis: Nina

Orang biasa yang suka hal-hal luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s