The 'Rok' Mountaineer

Travelling sometime, Backpacker often

Overland Tambora 2014 #2 Pendakian Hari Pertama

15 Komentar

27 Mei

Pagi yang cukup cerah untuk memulai pendakian, langit biru tanpa awan dan matahari sudah cukup terik saat itu, karenanya menggunakan ojek sampai Pintu Rimba yang jaraknya sekitar 5 km dari basecamp adalah pilihan yang tepat. Dari desa Pancasila yang ada di ketinggian 434 mdpl dan Pintu Rimba di 722 mdpl, sangat lumayan untuk menghemat tenaga dan waktu. 😀

*kumpulan jalur yang kami lalui selama perjalanan dari pos 1 ke pos 3

Kami memulai perjalanan masuk hutan sekitar jam 10.30, trek pertama yang kami lalui adalah jalan setapak yang hanya cukup untuk satu orang saja, samping kanan kirinya semak-semak dengan tinggi yang beragam. Sampai pos 1 sekitar jam 1 siang, kami berhenti sejenak untuk makan siang dan sholat. Di pos 1 ada sumber air berupa pipa besar yang ditumpahkan ke drum kemudian dialirkan kembali menuju pipa kecil.

10340177_791209724231701_4373084908227212312_nRehat sejenak di pos 1

Waktu itu cuaca sangat bersahabat tidak terlalu panas tapi tidak hujan juga, makanya kami pikir tidak akan ada pacet, eh nyatanya di pos 1 itu sarangnya pacet. Oh ya pacet itu sejenis lintah, tapi ukurannya lebih kecil dan tempat hidupnya berbeda, klo lintah lebih suka di air, pacet hidup melekat pada daun atau batang pohon. Klo hujan dikit aja itu pacet keluar semua.

pacetfoto pacet dari sini

Perjalanan kami lanjutkan menuju pos 2 ba’da sholat dan makan serta urusan dengan pacet-pacet yang masuk ke kaki. Jalur dari pos 1 menuju pos 2 lumayan landai, tidak terlalu nanjak tapi banyak pohon tumbang. Pohon-pohon yang tumbang itu melintang menghalangi jalur, satu-satunya cara melaluinya adalah dengan menaikinya atau melangkah jika kakimu cukup panjang, sayangnya saya tidak. 😀 Bahkan dibeberapa spot ada pohon tumbang dengan diameter lebih dari 1 meter, mau gak mau harus naik yaa..

10247226_791212717564735_8749611575311297231_nTumpukan pohon tumbang yang harus kami lalui

Kami sampai di pos 2 sekitar pukul 16.30, istirahat sejenak, ngopi dan ngemil dulu untuk mengganti energi yang keluar selama perjalanan. Di pos 2 ini kami bertemu sekelompok pecinta alam dari Lombok Timur, sedang ada acara pengambilan nomor dan syal anggota baru ternyata. Sekitar jam 5 sore kami lanjutkan perjalanan menuju pos 3, rencananya kami akan menginap semalam di sana. Sedangkan kelompok dari Lombok Timur tadi memutuskan ngecamp di pos 2 karena dekat dengan sumber air, sungai.

10336673_791212790898061_3920155196913364030_nStor muka capek dulu di pos 2

Dari pos 2 menuju pos 3 treknya sudah mulai naik, dan panjang. Klo lihat dari plang di pos 2 waktu yang dibutuhkan untuk sampe ke pos 3 hanya 1,5 jam..haa..nyatanyaa..lebih dari itu. Sekitar jam 7 malam kami sampai pos 3. Disana sudah ada 3 tenda, dari obrolannya sepertinya ini orang lokal, bukan berarti kami orang interlokal..hahah..mereka anak-anak smp dari Desa Pancasila. Hebat ya mainnya ke Tambora, gak ada mall sih.

Baru sampe pos 3Mendirikan tenda di pos 3

Setelah mendirikan tenda, ganti baju, lanjut masak-masak dan makaaan.. Klo teman saya bilang, acara makan-makan itu selalu menjadi pemersatu. Kondisi seperti apapun klo pas waktunya makan, ya makan, berkumpul, bercanda, dan tertawa. 😀

Habis itu kenyang dan ngantuk..

makan malamMakan malam apa adanya

*foto sumbangan dari temen-temen

Besambung…

Iklan

Penulis: Nina

Orang biasa yang suka hal-hal luar biasa.

15 thoughts on “Overland Tambora 2014 #2 Pendakian Hari Pertama

  1. yah, gini doang…
    cih.

    panjangan dikit ateuhh… -_____-“

  2. diiih gini dowang

    *RT komen ncuus dibedain dikiit

  3. Ah, Tambora….. kapan bisa ke sini yach…?
    Pacetnya kaya nya lumayan banyak nih, kalo denger cerita dari teman yang pernah ke sana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s