The 'Rok' Mountaineer

Travelling sometime, Backpacker often

Menapakan Kaki di Gunung Manglayang

12 Komentar

Gambar

Gunung Manglayang itu gunung yang tingginya hanya sekitar 1800 mdpl, terletak di Bandung Barat, dekat Jatinangor a.k.a tempat saya kuliah selama 4 tahun, dan terlihat jelas di depan rumah..tapii..baru saya daki 25 Desember 2013. #terlaluh ๐Ÿ˜€

Sudah lama sih ingin menjejakanya kaki ke sana, cuma belum kesampaian aja. Baru pas libur natal itulah saya berhasil meracuni beberapa kawan di kantor, tapi yang jadi pergi hanya dua orang, bertiga bareng saya. Satu diantara kami pernah muncak ke Manglayang itu pun beberapa tahun yang lalu, saat dia masih kuliah, setidaknya itu membuat saya agak tenang, klo pun nyasar gak akan nyasar banget #iyakeless

Meeting point kami di pangkalan Damri Jatinangor jam 6 pagi. Tapi apa daya nasib pengguna bus, mau janjian jam berapa pun tetap tergantung kapan si Damri mau pergi dari Bandung. Akhirnya waktu ketemuan pun diundur jadi jam 7.30 pagi, dan jam 8 saya baru sampai di pangdam (pangkalan Damri)..ahahahah..gak boleh ada yang protes #seniorgakpernahsalah

Sekitar jam 8 kami mulai beranjak dari Pangdam, menggunakan ojek seharga 8K sampai Bumi Perkemahan Kiara Payung. Karena dua teman saya ini baru pulang mabit dan belum balik ke rumah masing-masing, jadi kami melipir dulu masjid di Kirpay untuk bersih-bersih dan ganti baju buat yang masih pake โ€œgaunโ€.

Kami baru benar-benar berjalan kaki menuju Barubereum (pos pendakian) jam 8.30, dari masjid itu jalan melalui tempat penelitian tanaman-tanaman gitu *lupa namanya. Kemudian melalui ladang, sungai kecil, dan jalanan berbatu. Belok kanan turun ke bawah, belok kiri atau nanjak ke Barubereum. Jalur ini sedikit berbeda dengan yang saya baca dibeberapa blog orang yang pernah ke Manglayang, kebanyakan mereka naik ojek atau motor sampai Barubereum atau jalan kaki dari tempat yang banyak warungnya, karena kami potong kompas jadi tidak melalui tempat yang banyak warung itu, oh ya katanya itu tempat kumpul para biker.

CAM01006

Oke lanjut perjalanan menuju pos Barubereum, istirahat sejenak kemudian mulai jalan lagi. Nah disini kami sempat tersesat, dari awal saya yakin ini pasti nyasar karena jalurnya landai padahal yang saya baca di blog trek manglayang itu tanpa bonus, tapi teman saya yang sudah pernah kesini yakin ini jalur benar dan terus berjalan melipir jurang. Sampai saya teriak โ€œKiki, balik..ini pasti salah!โ€ dan dia baru bilang โ€œiya teh, kayaknya salahโ€ #jitak

CAM01009*detik-detik sebelum nyasar

Akhirnya kami kembali ketempat semula, tempatnya agak lapang, kami memutuskan untuk kembali berdoa dengan lebih khusu, karena tadi pas pergi berdoanya cuma bismillah sambil jalan. Setelah itu Alhamdulillah dapat pencerahan, teman saya baru bilang โ€œOh iya, dulu saya ngecamp di sini, klo jalan ke atas mah bukan disini. Maaf ya soalnya tiap kali ke Manglayang pas malem, jadi gelap.โ€ #tonjok =))

Ada 3 orang bapak2 yang lagi berburu burung, kami tanyakan jalur sesungguhnya kepada mereka, tapi masih absurb, saya putuskan kembali ke posko dan tanya ke bapak penjaga warung saja. Ternyata jalurnya dekat dari warung itu, cuma tinggal melipir ke belakang warung dan nyebrang sungai kecil, abis itu najak terus, gak ada bonus.

CAM01013*trek gang sengol yang licin

Benar-benar tanpa bonus, trek batuan dan tanah licin karena musim hujan, samping kanan-kirinya semak belukar, dan sempit. Jadi klo ada orang mau turun atau mau nyalip dari bawah kita larus merapat ke semak-semak dulu. #gangsenggolย ย  Walaupun gak ada bonus, setelah beberapa meter nanjak *klo cuaca cerah* kita bisa melihat Ciremai dari kejauhan.

DSCN9953_2*Ciremai dari kejauhan

Sekitar 2 jam perjalanan ada tempat yang agak lapang dikit, dikiiiit..tapi lumayan buat leyehleyeh bentaran, disana ada kata-kata motivasi yang bikin kembali bersemangat. Nah dari sana sekitar 30 menit lagi menuju puncak 1. Tujuan kami memang hanya puncak 1, walaupun ke puncak dua hanya tinggal 30 menit lagi tapi kami putuskan tidak melanjutkan perjalanan, terlebih melihat kondisi langit mendung durja. #halah

CAM01015_2

*Allah akan selalu mengiringi kita ke puncak…

Sampai puncak jam 11, disambut oleh dua pendaki yang mau ngecamp disana, ngobrol-ngobrol, foto-foto, numpang sholat, dan minta air panas untuk pop mie, mayaan ๐Ÿ˜€ Mie habis kami pun beranjak pamit…ahahha..SMP banget. Dari obrolan tadi katanya trek Manglayang ini setengahnya Cikuray, hoo..#ngebayangincikuray

CAM01028*Ritual foto bareng

Waktu menunjukkan pukul 1 siang dan kamu harus beranjak pulang, nah yang bikin males adalah jalur yang tadi nanjak banget jadi turun banget. Klo meleng dikit kepelesetnya banyak. Harus konsentrasi dan hati-hati ๐Ÿ˜€

DSCN9965_2*Pemandangan dari puncak 1

Kami sampe posko jam 2, melipir dulu ke warung dan minum teh manis hangat, aah nikmat. Lanjut lagi jalan sampe masjid Kirpay sambil ujan-ujanan. Numpang bersih-bersih dan sholat. Hujan reda lanjut ngojek ke pangdam, eh nyampe pangdam hujan lagi. #php Kebayang klo tadi maksa mau ke puncak 2, turun perosotan pasti. Akhirnya saya sampai rumah jam 4 sore, ajaibnya jalanan disini kering gak ada hujan sedikitpun sodara-sodara, padahal Manglayang depan mata. #bedalangit -__-

Iklan

Penulis: Nina

Orang biasa yang suka hal-hal luar biasa.

12 thoughts on “Menapakan Kaki di Gunung Manglayang

  1. iki ko akeh hashtag maksude piye? –‘

    ;d

    ooh, yg akuliat waktu itu ciremai toh. dan tanjakan setan ‘gang senggol’ itu aku inget betuul..

  2. Saya penasaran dengan kata-kata motivasi yang terpampang di situ. Gak dijepret? ๐Ÿ™‚

  3. ku kira bakalan ada foto si neneng yg berubah jadi cowok.
    :))

  4. huaaa. jadi kangen nanjak. Udah lebih dari 6 bulan ga nanjak lagi ๐Ÿ˜ฆ

  5. mumtaz. keren ๐Ÿ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s