The 'Rok' Mountaineer

Travelling sometime, Backpacker often

Caving di Goa Pindul

29 Komentar

Tujuan utama saya ikut ke Jogja akhirnya tercapai juga. ye ye ye la la la.

Pagi-pagi buta sesuai janji kakak sepupunya temen saya kami akan diantar ke goa pindul. Oh ya klo kemarin namanya Mas Dani, sekarang Mas Novi. Baguslah teman saya punya stok mas-mas yang cukup bisa diandalkan untuk guide =)) *semoga dia gak baca

Jam 5 teng pergi dari rumah budhenya temen dan berangkan menggunakan motor, tentu saya yang bawa motor dan boncengan dengan teman. Motoran di Jogja asik juga, jalannya halus, lubang-lubang kecil ada tapi dikit beda sama kota yang satunya. #nomention

Goa Pindul itu letaknya ada di daerah Gunung Kidul, jalan menuju sana berkelok menanjak dan turun, gak jauh beda sama jalan menuju atau keluar Bandung, jadi boleh dibilang gak terlalu sulit untuk saya. :p Oh ya pertama kali saya tau tentang Goa Pindul ini dari tayangan acara jalan-jalan di TV swasta pas denger biayanya murah makin tertarik deh..ahahha..maklumlah saya baru sanggup jalan-jalan tipe ransel.

Sampai di kawasan Goa Pindul pukul 7 lebih dikit, berarti 2 jam perjalanan dari Kota Gede. Kawasan wirawisata ini cukup rapih dan terorganisir dengan baik, padahal usianya baru dua tahun berjalan. Keren. Karena masih pagi dan pengunjung yang datang pun masih sedikit, kami memutuskan untuk langsung menelusuri goa. Sebelumnya kami diberikan pelampung, sepatu karet khusus, dan ban untuk menelususri sungai dalam Goa Pindul.

DSC_0230_2

Di dalam goa masih sepi jadi cukup leluasa untuk foto-foto, waktu itu hanya kami bertiga, di depan kami ada 3 orang terdiri dari ayah, ibu dan anak tapi jaraknya cukup jauh. Di gua ini terdapat beberapa ornamen cantik moonmilk batuan ini mengkilat seperti kristal jika terkena sinar, selain itu stalaktit dan stalagmitnya juga indah. Di beberapa bagian atap gua masih ada kelelwar yang disebut demit oleh penduduk sekitar, kotoran yang menempel di atap goa jadi seperti lukisan alami. Dibagian ujung goa ada spot yang menyerupai kolam, biasanya dijadikan tempat untuk terjun dari salah satu batuannya, seru sih tapi saya ogah terjun dari sana. *apakabar rok -__- Β Nyemplung biasa aja gak pake terjun.

DSC_0320_21

Dibagian atasnya ada semacam goa vertikal, klo mau dapet cahaya yang bagus buat foto-foto sebaiknya kesana pas jam 9-10 an. Ada satu spot yang bikin saya terheran-heran, di tengah goa lampu dimatikan dan kita semua diminta untuk berdoa. Lah pan tadi pas masuk udah berdoa kenapa dikhususkan harus berdoa di sini juga πŸ˜€

DSC_0335_2

Dari tempat nyemplung tadi si pemandu tanya β€œsemuanya bisa renangkan?”, mendengar jawaban serempak β€œbisa” dari kami si pemandunya jalan aja sendiri ke luar goa sambil bawa ban yang tadi kami pakai untuk menelusuri goa. Haah? Kami disuruh renang sampai daratan sodara-sodara, tapi seru sih. πŸ˜€

Penelusuran Goa Pindul berakhir dalam waktu 1 jam 15 menit, tapi berasa hanya 15 menit. Kami kembali ke tempat penyimpanan barang dan disuguhi minuman jahe hangat. Setelah bersih-bersih, ganti baju dan peking ulang kami pun melanjutkan petualangan selanjutnya ke pantai sekitar.

Penulis: Nina

Orang biasa yang suka hal-hal luar biasa.

29 thoughts on “Caving di Goa Pindul

  1. wow keren.
    saya akan jawab ke pemandu: “tidak..”

  2. kesini lagi yuk, kali ini aku ikut!

  3. Reblogged this on aprecious and commented:
    ini yg paling mengesankan πŸ˜€

  4. cakep, kapan ya bisa ke sana

  5. stalaktit & stalakmitnya banyak ga? foto-fotonya seruuu! udah pernah ke green canyon ciamis? hehe πŸ˜€

  6. Kalo yang gak bisa renang, gimana nih? πŸ˜€

  7. Wuih mantep nih ceritanya.
    Terimkasih sudah berkunjung..:))

Tinggalkan Balasan

