The 'Rok' Mountaineer

Teknologi yang Memalaskan

4 Komentar

Akhir-akhir ini males banget buat nulis..klo pun ada bahan tulisan, setelah di tulis di HP..maleeeeeeeeeees bangeeeeet mindahin ke MP..hemmmm…nape ye..heheheh..

Aq dapat kiriman tulisan dari seorang teman yang jauh di negeri orang..tepatnya Texas..dah lama sebenernya tulisan itu dikirim..katanya sih dia bilang mo dikirim ke koran tapi wallahu dikirim or ga..

Beberapa hari yang lalu karena liat MP ga da yang baru n lagi males nulis panjang-panjang..so aq minta tulisan dia untuk dimuat di MP ku ini..dan dia membolehkan..heheh..

So..ini tulisannya..semoga bermanfaat :

Teknologi yang Memalaskan

by : Muhammad Iqbal

Zaman semakin canggih, dunia semakin sempit dan pengaruh globalisasai semakin besar. Beginilah sedikit gambaran tentang keadaan dunia yang kita huni sekarang. Dunia yang menawarkan kecanggihan teknologi yang bisa membuat manusia semakin hebat dalam berkarya, hebat dalam berfikir, hebat dalam berinovasi, tetapi akibat dari kehebatan itu manusia menjadi malas. Kenapa bisa?. Dulu tidak pernah terbayangkan oleh kita akan adanya komputer seperti sekarang ini, dulu tidak pernah kebayang adanya alat kecil yang bisa digunakan untuk berkomunikasi seperti sekarang ini, dulu tidak ada alat yang bisa menentukan posisi seseorang atau tempat yang sekarang disebut GPS (Global Positioning System), dulu tidak ada internet dan juga tidak ada teknologi yang canggih seperti sekarang ini.


Teringat saya disaat orang tua saya menceritakan masa kuliah beliau dulu hanya bemodalkan satu baju, kotor cuci kering dan pakai lagi, kuliah pakai sepeda, buku hanya bermodalkan satu, tinggal di gubuk sederhana. Mungkin kita membayangkan mereka adalah manusia-manusia yang kurang beruntung dan tidak ada harapan menjadi manusia sukses ,tapi satu hal yang harus diingat manusia yang hidup 40 tahun yang lalu adalah manusia yang semuanya menjadi manusia-manusia sukses dijaman sekarang dibidang mereka masing-masing, coba lihat saja Habibi, Amin Rais bukankah mereka adalah veteran 60 yang pernah hebat di Indonesia .


Orang tua saya adalah salah satu orang yang hidup jaman dulu yang sukses dijaman sekarang, yang selalu berfikir positif dengan semangat hidup yang tinggi walaupun keriput dimuka nya yang mengindikasikan bahwa dia sudah tidak muda lagi. Tidak ada teknologi saat itu bukan berarti mereka itu malas, dan tidak sukses, tidak bisa hebat, itu salah besar. Bahkan mereka lah orang yang paling sehat dan sukses sepanjang sejarah manusia. Itu sedikit cerita tahun 60-an dengan kecanggihan teknologi televisi yang masih hitam putih, dengan segala sesuatu serba kuno dan terbatas.


Tapi sekarang bukan tahun 60-an, bukan 80-an dan juga bukan tahun 90-an yang masih serba terbatas. Sekarang adalah jaman milenium yang super duper canggih dengan teknologi yang luar biasa hebatnya, yang membuat hidup manusia semakin mudah dan cepat. Hebat, itu mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan keadan jaman modern sekarang ini. Komputer, hp, pesawat, internet, mobil yang canggih, kamera digital, GPS dan banyak sekali kehebatan-kehebatan teknologi jaman sekarang yang pada inti semua kecanggihan dan kehebatan itu untuk membuat hidup manusia semakin mudah, cepat dan semakin malas. Kenapa mesti ada kata-kata malas?. Bukaankah semakin hebat teknologi yang ada bisa membuat manusia semakin hebat, mungkin kalau diliat dari satu sisi ada benarnya, tapi kalau kita liat dari kualitas hidup manusia akan semakin buruk karena akhir-akhirnya teknologi bisa membuat manusia menjadi malas untuk bergerak dan bekerja.

Iklan

4 thoughts on “Teknologi yang Memalaskan

  1. Hanya orang malas yang akan dilindas…..

  2. renhad said: Hanya orang malas yang akan dilindas…..

    Betul..betul..betul..:DSemoga kita ga termasuk kedalam orang2 malas ya akh..apalagi malas mengkaji Al-quran..:D

  3. iya tuh, jangan2 malas ya sri,,,

  4. iqbalx3e said: iya tuh, jangan2 malas ya sri,,,

    Iyooooo…kagak malas..cuman kadang maleeees..:Dsama aja ya..hahahah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s