The 'Rok' Mountaineer

Travelling sometime, Backpacker often

Kenapa Sirius??

17 Komentar

Kenapa Sirius??…

Well…alamat email ku sirius_bintang…nama MP ku siriusbintang…sering orang bertanya..kenapa??..apa itu sirius??..sirius black??…

no..no..no…

Kenapa Sirius..simple aja jawabannya..karena aq suka bintang….

Jika malam hari langit tampak cerah bertabur bintang, cobalah tengok ke atas, diantara ribuan bintang ada satu yang paling terang, itu adalah Sirius..bintang sirius adalah bintang yang paling terang kala malam..bintang yang indah, cahayanya biru keputihan

Posisinya dibawah rasi bintang Orion. Bintang Sirius tidak banyak di kenal orang, namun dalam urutan Canis Mayor cahayanya yang paling terang..biasanya muncul pada dini dan subuh hari..

Uniknya bila kita melihat sirius dengan mata telanjang kita hanya melihat satu bintang, namun apabila kita lihat dengan teropong, ternyata bintang itu ada dua..para ahli menyebutnya dengan bintang ganda, Sirius A dan Sirius B..

so, not only human beings in pairs, also stars in pairs..hehehe..

the fact :

Sirius A dan Sirius B beredar mengelilingi satu sama lain melintasi sebuah busur ganda setiap 49,9 tahun.

Kenyataan ini baru terungkap di akhir abad ke 20..padahal Allah dalam Al-quran surat An Najm ayat 49 dan 9 telah menerangkan :

dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi’ra (QS. An Najm, 53: 49)

maka jadilah dia dekat dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi). (QS. An Najm, 53: 9)

Maha Suci Allah dengan segala firmannya..

*dari berbagai sumber

Iklan

Penulis: Nina

Orang biasa yang suka hal-hal luar biasa.

17 thoughts on “Kenapa Sirius??

  1. Kenapa enggak nama aseli aja yaaa 🙂

  2. Pertanyaannya,kenapa bukan matahari, bintang PALING terang yg tampak dari bumi,yg menjadikan siang-malam ada scr hukum fisika? He2.Pertanyaan kedua,kalau sirius sbg bintang ganda dianalogikan dg ‘in pairs’, bgmn dg Alpha Centaury yg bintang ‘triple’? Analogi utk poligami atau cinta segitiga? ^_^

  3. harahope said: Pertanyaannya,kenapa bukan matahari, bintang PALING terang yg tampak dari bumi,yg menjadikan siang-malam ada scr hukum fisika? He2.Pertanyaan kedua,kalau sirius sbg bintang ganda dianalogikan dg ‘in pairs’, bgmn dg Alpha Centaury yg bintang ‘triple’? Analogi utk poligami atau cinta segitiga? ^_^

    1. Matahari bintang paling terang di jagat raya yang tampak pada siang hari..tidak tampak pada malam hari..bukan matahai yang menyebabkan siang dan malam ada, tapi Allah..menurut hukum islam,,heheheheh2. Karena ga semua orang berpoligami atau terjerat cinta segitiga…klo berpasangan karena manusia diciptakan berpasang-pasangan..^____^

  4. Wakakak, sudah kuduga jawabnya karena Allah, makanya kubilang secara hukum fisika. Tentu saja semua karena Allah termasuk siang, itu kenapa hukum fisika bisa juga kita sebut sunatullah. Karena Allah menciptakan dunia ini dgn perhitungan matang, maka selalu ada sebab-akibat. Ada matahari akibatnya ada siang dan malam. Ada sirius, belum tentu ada bumi, karena sirius terlalu panas. Bersyukur Allah memberi kita bintang tipe G,tidak terlalu panas,tidak terlalu dingin.Hmm, berhubung manusia diciptakan berpasangan, berarti poligami itu (harusnya) dilarang agama ya? Tp ko dibolehin? ^_^

  5. harahope said: Wakakak, sudah kuduga jawabnya karena Allah, makanya kubilang secara hukum fisika. Tentu saja semua karena Allah termasuk siang, itu kenapa hukum fisika bisa juga kita sebut sunatullah. Karena Allah menciptakan dunia ini dgn perhitungan matang, maka selalu ada sebab-akibat. Ada matahari akibatnya ada siang dan malam. Ada sirius, belum tentu ada bumi, karena sirius terlalu panas. Bersyukur Allah memberi kita bintang tipe G,tidak terlalu panas,tidak terlalu dingin.Hmm, berhubung manusia diciptakan berpasangan, berarti poligami itu (harusnya) dilarang agama ya? Tp ko dibolehin? ^_^

    Manusia memang di ciptakan berpasang-pasangan..yang poligami juga kan berpasangan..bedanya 1suami ma beda2 istri..tapi tetep pasangan toh…hehehe…Duuuh Pak Haji itu komen ampe 4 kali.. …ck..ck..ck.. curiga niat banget ya punya istri 4,,,

  6. siriusbintang said: niat banget ya punya istri 4,,

    wakakak…….. nanti ada yang melototin ah…..

  7. harahope said: wakakak…….. nanti ada yang melototin ah…..

    yang mana nih yang melotot??,,Yang pertama atau yang kedua??..wakakaakkak…

  8. kenapa sirius? yang aq tau selain sebuah bintang, sirius juga adalah nama sebuah rasi yang katanya berbentuk anjing pemburu…daripada sirius, aq lebih suka orion…lagipula lebih mudah dilihat di langit karena 3 bintang sejajarnya yang membentuk pinggang “sang kesatria”, hehehe….maaf klo salah…

  9. Sirius bukan rasi bintang..Sirius adalah bintang paling terang saat malam..klo di jagat raya paling terang ke dua setelah Matahari..Bintang Sirius letaknya berdekatan dengan rasi Orion..:)

  10. siriusbintang said: Sirius bukan rasi bintang..Sirius adalah bintang paling terang saat malam..klo di jagat raya paling terang ke dua setelah Matahari..Bintang Sirius letaknya berdekatan dengan rasi Orion..:)

    hm…oke2, makasih sudah meluruskan…^^

  11. my is jauza its mean star 🙂

  12. jauza9 said: my is jauza its mean star 🙂

    oke deh Mary,,:D

  13. siriusbintang said: yang mana nih yang melotot??,,Yang pertama atau yang kedua??..wakakaakkak…

    tergantung, bisa yang pertama, bisa yang kedua. yang ketiga yang keempat juga bisa, itu lho Marshanda sama Intan Nuraini *ha ha….ngimpi…..!!) betewe, bukan mauku kirim sebanyak itu. netnya lagi eror kali, ngepost sebanyak itu.

  14. siriusbintang said: .biasanya muncul pada dini dan subuh hari..

    oh iya, ralat ini nih. Sirius, atau bintang lainnya, nggak punya siklus kayak Venus atau Merkurius, mereka nggak bisa disebut “biasanya” muncul di waktu tertentu seperti yang kamu sebut.Langit punya pergerakan semu sendiri. setiap jam, pergerakannya akan berubah 15 derajat. itu dia kenapa posisi edar bintang selalu berubah-ubah berdasarkan jam, hari, dan bulannya. misalnya, kalau bulan Juni, Sirius (dan Orion) terlihat jam 5 Subuh di ufuk timur, maka bulan Agustus dia terlihat pada jam yang sama tapi dengan posisi 45 derajat dari timur. begitu seterusnya sampai kita bisa melihat Sirius (dan Orion) sebelum tengah malam (sore-sore, bukan subuh atau dini hari) saat Februari–bulan yang disebut-sebut para stargazer waktu yang tepat untuk mengobservasi Sirius (dan Orion). Tapi buatku, Sirius (dan Orion) paling cantik terlihat tanggal 1 Januari. Posisinya pas di tengah langit pas jam 12 malam, tepat saat kembang api tahun baru dinyalain!! Nggak percaya…..? Keluarlah dari Bandung saat-saat seperti itu, terutama ke tempat yang nggak mendung terus kayak kotamu he he……

  15. siriusbintang said: dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi’ra (QS. An Najm, 53: 49)

    ralat lagi ^_^ aku nggak yakin ayat ini berkaitan dengan fakta yang kamu sebut. Setahuku ayat ini berkaitan dengan Para Penyembah Bintang (termasuk juga Majusi) yang disebut dalam Al-Qur’an. Pada zaman dulu, Sirius, Orion, dan Pleiades adalah sedikit dari sekian banyak bintang yang disembah-sembah, salah satunya oleh bangsa Mesir Kuno (silahkan cek korelasinya antara Orion dengan Osiris, salah satu dewanya Mesir Kuno)Dan ayat itu menegaskan bahwa bintang hanyalah makhluk kepunyaan Allah–nggak layak disembah.

  16. jauza9 said: my is jauza its mean star 🙂

    what a beautiful name, Jauza. nama itu adalah nama arabnya Orion, khususnya buat dua nama bintang alpha dan betanya Orion (rijlun jauza dan yadul jauza) nais tu mit yu ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s